Sabtu, 11 Maret 2017

The Power of Invisible Hand


Baca judulnya aja udah gimana gitu ya.
Tulisan ini sebenarnya untuk berbagi saja. Ada beberapa diantara teman sekelas saya yang bertanya bagaimana bisa dapat 2 beasiswa dalam 1 bulan. Saya hanya menjawab “Nggak tau”. Jujur, tidak ada sedikit pun hasrat untuk menyombongkan diri (karena saya tidak ada sesuatu yang bisa saya disombongkan), disini saya hanya ingin berbagi bagaimana “invisible hand” bekerja.
Pas awal kuliah dulu emang udah punya target harus dapet beasiswa. Saya pernah mendaftar 3 beasiswa dan....nggak lolos semua antara lain Lazis UNS, Bidikmisi Susulan dan yang terakhir PPA tahun 2016 semester ganjil. Nah, sebenarnya dari awal udah feeling nih kalau di beasiswa PPA ga bakal lolos. Ada beberapa alasan kenapa saya udah pesimis duluan sebelum ngajuin berkas. Salah satunya ternyata beasiswa PPA itu cuma diambil 1 orang satu angkatan. Waktu itu ada beberapa temen-temen yang pingin ikut, tapi berhubung diambilnya hanya 1 orang, pada gugur tuh niat untuk mendaftar. Dan dengan PD-nya saya tetep ikut dengan modal IPK yang segitu (*ga usah disebutin). Ga tau diri kan?
Yaudahlah PPA nggak lolos. Waktu itu respon ibu begini “Biasanya kalau udah nyoba 3 kali dan gagal, yang ke 4 kalinya pasti bisa”. Saya yakin doa ibu benar adanya. Motivasi yang cukup...super. Kecewa sih ya pasti kecewalah ya. Tapi tanpa disadari tertolaknya saya di PPA ada hikmah yang dapat diambil. Kebetulan saat itu lagi suka-sukanya denger ceramah Ust. Khalid Basalamah, di sela-sela ceramahnya beliau berkata yang intinya kalau menginginkan sesuatu jangan pernah berhenti berdoa, diiringi dengan usaha dan berusaha sebisa mungkin menghindari segala sesuatu yang menimbulkan dosa, Allah pasti mengabulkan. Disitulah saya mendapat petunjuk dan mulai introspeksi diri. Mungkin saya nggak dapet beasiswa gara-gara males berdoa, males belajar, males update beasiswa, nggak aktif UKM, atau sering berbuat dosa. Okelah.
Pertengahan Januari 2017, mas ketua kelas ngasih informasi kalau Kaprodi nyari 1 mahasiswa buat beasiswa salah satu bank swasta dengan syarat IPK cumlaude dan tidak sedang menerima beasiswa lain. Ya udah tuh saya nyoba ngajuin diri dan daftar lagi (Ga tau diri lagi kan?). Keesokan harinya ketemu sama Bapak Kaprodi untuk diwawancara dan alhamdulillah beliau menyetujui dan memaklumi IPK saya yang “mepet”. Dihari itu juga saya nyari semua berkas-berkas dan dikumpulin keesokan harinya. Kebetulan saat itu pas lagi libur kuliah. Akhirnya saya telah mendaftar beasiswa untuk ke 4 kalinya. Lalu 2 hari kemudian pengumuman dan alhamdulillah lolos (Bener kata emak). Doa orang jomblo mantap jiwa, gaes.
Ternyata belum selesai sampai disini.
Pertengahan bulan Februari 2017, jam 2 siang saya ditelepon oleh pihak Biro Kemahasiswaan (Mawa Pusat) untuk datang ke kantor jam 3. Pas sampai disana saya langsung menemui Bapak Joko (ketua Mawa Pusat). Dan diawal percakapan beliau berkata “Besok kamu ikut penyerahan Beasiswa Komandiksi jam 10 ya” (*kaget sesaat). Terus saya memastikan “berkas yang dikumpulin apa saja pak?”. Yang membuat saya kaget adalah jawaban beliau “berkasmu kan sudah ada. Kamu tinggal ikut penyerahan”. DEG! Gilak. Berkas dari mana coba. Informasi beasiswa komandiksi aja nggak tau apa lagi ke MAWA ngumpulin berkas. Lah terus itu berkas dari mana. Terus beliau merespon wajah saya yang kebingungan “loh, kok wajahnya malah gitu”. Udah jomblo, malu-maluin pula. Sumpah, kalau ada tempat longgar saya pingin sujud syukur disitu.

Mulai saat itulah saya percaya bahwa ada invisible hand-NYA yang bekerja. Jangan lelah berdoa dan berusaha J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar